Cara memperbaiki evaporator kulkas - Panduan Servis Tv

Cara memperbaiki evaporator kulkas

Karena sulitnya mengambil es batu pada lemari es satu pintu/freezer, membuat sebagian orang ceroboh menggunakan benda tumpul untuk mengangkat es batu yang sudah dipenuhi oleh bunga es.
atas kecerobohannya dapat mengakibatkan evaporator terkena tusukan benda tumpul tersebut, sehingga evaporator menjadi bocor dan anda sudah pasti mengeluarkan kocek untuk memanggil teknisi kulkas agar kulkas/freezer menjadi normal kembali.

mengapa pada lemari es satu pintu bila lama beroperasi begitu banyak mengeluarkan bunga es?
jawabannya adalah, lemari es satu pintu dibagian evaporatornya tidak dilengkapi dengan heater seperti yang terdapat pada lemari es dua pintu.
pada lemari es dua pintu yang menggunakan fan motor pada bagian pintu atasnya, es batu dalam plastik yang sudah beku dapat dengan mudah kita ambil.

Bila sudah bocor, dapatkah evaporator diperbaiki kembali???
jawabannya...bisa, dengan menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan.
campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu.

untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu.
dan anda pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon.
setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut.
setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam.
bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu, setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut.

cara diatas hanya untuk menekan biaya pembelian evaporator, sehingga pengeluaran biaya perbaikan lemari es anda tidaklah begitu besar, cukup mengeluarkan biaya pengisian freonnya saja.





sumber :
Posted by: Jumadi Panduan Servis TV, Updated at: 15.43

0 comments:

Poskan Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Iklan Yang Terkait

Panduan Service Terbaru

Bila Anda Kesulitan Menemukan Yang Dicari Silakan Ketikkan DISINI :

 
Design by Free WordPress Themes | Redesigned by Jumadi