AC INVERTER

AC inverter bekerja secara otomatis mengubah kecepatan putaran kompresor dengan memvariasikan frekuensi catu daya ke kompresor, untuk memberikan pendinginan dan kenyamanan yang baik mulai dari tinggi ke rendah.

kapasitas pendinginan AC berbanding sejajar dengan kecepatan kompresor.



Bagaimana cara kerja AC Inverter?

Sistem inverter mengubah arts alternating current (AC) menjadi arus searah (DC) dan dipasok ke gulungan DC motor dari kompresor dengan tegangan mulai dari DC300V ke DC450V pada bagian inverter.

Kecepatan kompresor DC Inverter dapat disesuaikan dengan kemampuan beban suhu pada ruangan.



Keuntungan menggunakan ac jenis ini adalah pada saat start up tidak membutuhkan daya listrik yang begitu besar, optimal dalam penghematan daya listrik dan bisa cepat mendinginkan.



Bahan material tembaga yang digunakan pada pada ac inverter seperti evaporator, kondenser dan installasi pipa haruslah tebal karena pada jenis ac ini menggunakan freon yang bertekanan tinggi yaitu R410A yang lebih tinggi 1.6 kali dari R22.

Olie yang digunakan pada kompresor inverter juga berbeda dengan olie kompresor non inverter, kompresor inverter menggunakan olie jenis POE yang mudah menyerap kelambaban.



Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perbaikan ac inverter

1. Jangan menggunakan manifold atau selang manifold yang dipergunakan untuk mengisi sistem R22 ke sistem R410A, karena sisa olie yamg masuk kedalam sistem R410A akan membuat buntu sirkulasi refrigerant.



2. Usahakan untuk mengganti filter pengering bila unit mengalami kebocoran atau unit sudah habis freonnya,



3. Dalam mengisi atau menambahkan freon, haruslah dalam bentuk cair agar tidak menimbulkan fraksinasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service