Layar hitam pada sisi kanan atau kiri pada LED dan LCD

Semenjak dipasaran mulai ramai diluncurkannya produk pengganti tv tabung CRT yakni LED dan LCD, saya dalam beberapa tahun ini sering mendapati konsumen yang mengeluhkan jika LED atau LCD mereka yang baru dibeli sekitar 1 tahun atau bahkan kurang disisi kanan atau kiri atau keduanya berwarna hitam alias gambarnya hilang sebelah.


Saya sudah berkali kali menangani kasus semacam itu dimana awalnya saya menduga ada kerusakan pada mainboard LED atau LCD. namun setelah ditelusuri dan dilakukan pengecekan secara mendalam, ternyata penyebab gambar menjadi hitam disisi kanan atau kiri ataupun keduanya adalah karena kerusakan sebuah board yang berfungsi untuk mengatur singkronisasi pada layar LED atau LCD, board ini biasanya terpisah dari Layar LCD (Panel), namun akhir-akhir ini banyak produk keluaran baru yang memiliki board tersebut sudah menyatu dengan Panelnya, sehingga hal ini terkadang menyulitkan bagi teknisi untuk melakukan perbaikan.

Jadi solusinya adalah harus diganti dengan satu blok dengan panelnya, akan tetapi terkadang kita sangat kesulitan dalam mencari penggantinya, karena di pasaran masih sangat jarang di jual bebas, dan bila harus memesan ke dealernya terkadang sudah tidak produksi lagi.

Memang kelemahan sebuah LED atau LCD adalah setiap type LCD atau LED akan berbeda pada type Panelnya, berbeda dengan sebuah layar crt yang sama pada pin pin konektornya. Itulah kendala dalam perbaikan sebuah pesawat LED atau LCD.

Karena setiap tipe panel lcd berbeda satu sama lain, maka apabila teradi kerusakan pada mainboadrnya, maka juga harus diganti dengan yang sama  persis dengan aslinya. Jadi semakin menyulitkan dalam perbaikan.

Bila pada pesawat tv CRT(tabung) mainboardnya mengalami kerusakan parah dan di pesankan ke dealernya sudah tidak produksi lagi, maka ada alternatif sebuah mesin universal, dimana mesin tersebut dapat disetel sesuai dengan kebutuhan yang ada pada tabung CRT mesin lama yang rusak.

Sebagai teknisi kita hanya berharap di pasaran ada sebuah mainboard yang bisa digunakan untuk semua jenis LED atau LCD, sehingga kita semakin memudahkan dalam perbaikan LED dan LCD.

5 komentar:

  1. Thanks for such a nice and updated information.Very long time i am searching this type of the information keep sharing more post,keep up your good work.
    IBM LAPTOPS

    BalasHapus
  2. Itu kira2 penyebabnya apa ya. tv ane juga sedikit menghitam bagian pojok. padahal belum setahun :(

    BalasHapus
  3. Tipi 55 inci samsung series 6 ane juga menghitam nih disisi kiri bawahnya.

    BalasHapus
  4. Iya nih tb lcd sharp aku jg hitam tompel bagian kanan kirinya padahal baru 5bln kira2 bisa di servis ga yah

    BalasHapus
  5. Iya nih tb lcd sharp aku jg hitam tompel bagian kanan kirinya padahal baru 5bln kira2 bisa di servis ga yah

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service