7 Cara memilih timah solder (tenol) yang baik

Timah solder atau lebih sering dikenal dengan nama tinol adalah sebuah bahan atau perlengkapan alias makanan sehari-hari dalam servis elektronika terutama servis tv. Menggunakan timah solder hendaknya dipilih yang memiliki kualitas baik, hal ini agar dihasilkan kualitas solderan yang bagus juga. Cara memilih timah yang baik adalah dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
contoh jenis tenol solder
Contoh model tenol
1. Tinol yang baik biasanya memiliki harga yang lebih sedikit mahal bila dibandingkan dengan jenis tinol yang biasa, hal ini dikarenakan jenis timah ini menggunakan bahan campuran borax atau semacam pasta yang berguna untuk mempermudah agar timah dapat menempel baik pada papan circuit dan kaki komponen.

2. Bila dilelehkan dengan solder biasanya akan mudah meleleh karena memang pengaruh dari bahan yang digunakan.

3. Bila sedang menyolder, biasanya asapnya tidak pedih dimata dan juga tidak bau, atau malah terkadang juga ada yang bau wangi itu juga lumayan bagus.

4.  Timah jenis ini biasanya lentur alias tidak kaku.

5. Hasil solderan biasanya bersih dan mengkilap.

6. Solderan akan awet dan tidak mudah retak dalam waktu lama.

7. Hasil soldedran tidak mengandung lubang atau gelembung, jadi rapat hasilnya.

Dipasaran sebetulnya ada berbagai jenis timah, mulai dari timah cair, timah mikro, timah sedang dan timah besar. namun yang biasa digunakan untuk servis elektronik atau televisi adalah jenis timah ukuran sedang. ukuran diameternya biasanya antara 0,3-0,5mm.

Untuk bisa memilih jenis kualitas timah yang baik dipasaran hendaknya ditanyakan langsung ke pihak penjual, dan hendaknya duji ,hal ini karena di pasaran banyak sekali merek timah yang beredar dan kebanyakan mengclaim kualitas bagus.

Untuk saya sendiri sampai saat ini masih menggunakan merk timah Wellsmartm, karena dari dahulu sampai sekarang merk tersebut masih bagus dibanding lainnya. mungkin anda mempunyai merk yang lain yang lebih bagus. Dan untuk kualitas tinol yang bagus biasanya memiliki selisih harga sampai dengan 50% lebih mahal dibandingkan dengan timah merk biasa.

Namun terkadang meski sudah menggunakan kualitas timah yang bagus, belum tentu menghasilkan suatu solderan yang baik, hal ini mugnkin dikarenakan penggunaan solder yang kurang bagus kualitasnya atau cara menyolder yang kurang matang atau mungkin komponen dan papan rangkaian yang kotor. Jadi hendaknya sebelum melakukan penyolderan semua harus bersih dari minyak dan debu. Dan untuk pengunaan pasta solder juga bisa membantu menghasilkan solderan yang jernih dan mengkilap.
pasta timah solder
Contoh pasta solder
Bagaimana cara memilih kualitas solder yang baik, tunggu postingan berikutnya.

8 komentar:

  1. Kalau merek timah yang baik selain wellsmart apa?. Soalnya utk saat ini mencari jenis timah yg baik di daerah sy cukup sulit. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  2. kalau untk papan elektrnik biasa, aku tdk trlalu pilih2 jenisnya. tapi untk papan soldran yg rumit sprt hp, kmptr hrus pilih yg bgus

    BalasHapus
  3. Saya pernah menemui masalah saat ingin melelehkan timah pada suatu rangkaian yaitu timah tidak mau meleleh,padahal papan pcb sdh ikut panas..adakah cara untuk melelehkan timah seperti itu...makasih

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service