Cara memilih jenis obeng yang baik

Obeng adalah sebuah alat perlengkapan servis televisi yang wajib dimiliki oleh setiap calon atau teknis yang sudah berpengalaman, karena hampir setiap pesawat televisi memiliki baut sebagai pengait pada tutup atau casingnya, meskipun terkadang ada juga yang tidak memiliki baut pada penutup casingnya namun di dalam pesawat televisi setelah dibongkar pastinya ada baut juga.

Jadi boleh dikatakan kita pasti membutuhkan obeng dalam setiap mengerjakan servis televisi, tanpa perlengkapan obeng maka pekerjaan akan mengalami kesulitan dalam prosesnya.

Obeng memiliki berbagai macam bentuk dan jenis serta kegunaan, namun untuk pekerjaan bidang servis tv, umumya kita hanya akan membutuhkan beberapa macam saja yang sering digunakan.

Selain itu, obeng juga memiliki dua macam yakni obeng yang berkualitas dan obeng standar, karena kita akan berhubungan dengan casing pesawat televisi yang umumnya terbuat dari bahan plastik, maka sebaiknya kita memilih jenis obeng yang memiliki kualitas baik, karena dengan obeng yang memiliki kualitas yang baik, kita akan mudah dalam membuka baut yang terkadang terletak jauh di dalam lubang casing (penutup).

Bayangkan apabila kita menggunakan jenis obeng yang memiliki kualitas standar, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada baut lebih tinggi karena kita sering meraba kepala baut dan serign meleset serta akan sulit ditangani karena obeng dengan kualitas standar biasanya akan merusak bagian kepala baut sehingga menyulitkan dalam membuka casing, dan hal akan sulit diatasi bila kepala baut sudah rusak, meskipun dibuka dengan obeng yang berkualitas bagus sekalipun (setelah kepala baut rusak). Karena baut biasanya terletak di dalam lubang casing yang dalam (pada tv merk dan model tertentu).

Obeng yang digunakan oleh teknisi pesawat televisi umumnya ada empat macam jenis yakni :

- Obeng Minus (-) adalah obeng yang memiliki bentuk pipih atau dikalangan umum sering disebut obeng Minus karena memiliki ujung mata yang pipih.
- Obeng Plus(+) adalah obeng yang memiliki bentuk pada ujung matanya silang segi empat, maka sering juga disebut obeng Plus.

obeng jenis plus
Contoh obengplus
- Obeng sok adalah obeng yang memiliki bentuk ujung matanya berlubang ke dalam. biasanya berbentuk segitiga, segi empat, segilima atau segienam. 
obeng sok
contoh paket obeng termasuk obeng sok

- Obeng timbul adalah sebuah obeng yang hampir mirip dengan obeng sok, namun perbedaannya adalah, pada bagian ujung matanya, pada obeng jenis ini yang bagian luarnya yang memiliki bentuk segitiga,segiempat,segilima dan segienam.

obeng timbul segienam
contoh obeng timbul segienam
Karena kita akan selalu memuat baut yang terkadang sulit untuk diraih, maka sebaiknya pilih obeng yang memiliki tambahan magnet di ujung matanya, biasanya ditandai kalau didekatkan dengan logam akan menempel atau sekarang banyak juga yang ditandai dengan cat warna hitam sedikit pada bagian ujung obeng atau mata obeng. dengan adanya tambahan magnet maka kan  mempermudah mengambil baut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service