Fungsi resistor dalam elektronik

Sebelum mengenal fungsi resistor dalam rangkaian elektronik, maka alangkah baiknya mengetahui apa resistor itu. Resistor adalah sebuah komponen elektronik yang memiliki dua kutub terminal, meskipun terkadang ada yang memiliki lebih dari dua kutub, namun pada dasarnya hanyalah dua kutub, karena kutub yang lain seolah olah merupakan ujung dari dua buah resistor yang di jajar.
Resistor komponen dasar elektronik
Contoh Resistor


Sedangkan fungsi resistor adalah sebagai penahan, pembatas dan pembagi arus listrik yang sesuai kebutuhan di dalam suatu rangkaian elektronik. resistor tidak memiliki kutub positif atau negatif, jadi pemasangannya bisa di bolak-balik. Resistor dinyatakan menggunakan satuan Ohm atau Ω (omega).

Dalam pemakaian di rangkaian elektronik , resistor dilambangkan dengan menggunakan gambar sebagai berikut :

lambang resistor kotak
Lambang resistor kotak

Atau seperti :
Lambang resistor gigi gergaji
Lambang resistor gigi gergaji


Resistor memiliki berbagai macam jenis dan bentuk, namun yang sering digunakan adalah resistor jenis arang dan berbentuk bulat seperti gambar diatas. Dalam rangkaian televisi biasanya akan ditemui beberapa macam jenis dan bentuk resistor, antara lain :
resistor tetap
Resistor Tetap

Variabel resistor
Resistor Variabel
Resistor NTC
Resistor Non Linier
Jadi bila dalam praktek servis televisi maka akan banyak menjumpai resistor-resistor seperti diatas.

1 komentar:

  1. Really nice post, you got great blog and Thank you for sharing This excellently written content. Waiting for next one.
    Compaq Laptops

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service