Fungsi Dioda dalam bidang elektronik

Dioda adalah sebuah komponen dasar elektronik yang banyak digunakan dalam berbagai pesawat elektronik. Sebelum mengenal fungsi dioda alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa sebenarnya dioda.

Dalam pengertian sederhana, dioda merupakan sebuah komponen elektronik yang memiliki dua kutub yang terdiri dari kutub positif dan kutub negatif. Dioda hanya akan mengalirkan arus pada satu arah, sehingga bila sebuah arus mengalir terbalik maka dioda akan menghambat arus tersebut. Dioda dilambangkan dengan tanda panah yang di depannya diberi garis melintang, lambang tersebut juga mengartikan bahwa dioda hanya bisa mengalirkan arus dalam satu arah saja.

Fungsi dioda
Simbol dioda 
macam-macam dioda
Macam-macam bentuk dioda (gmbr 2)

Karena dioda merupakan sebuah komponen yang memiliki kaki positif dan negatif, maka pemasangan dioda tidak boleh terbalik, jika terbalik maka arus tidak akan mengalir atau bila arus yang melewati terlalu besar melebihi kapsitas nilai arus pada dioda maka dioda akan panas dan putus atau terbakar.

Dalam penggunaan pada pesawat tv, dioda memliki banyak bentuk dan jenis serta memiliki nilai arus dan tegangan serta frekwensi yang berbeda-beda, jadi pada saat perbaikan pesawat televisi bila terjadi kerusakan pada dioda ,maka harus diganti dengan spesifikasi yang sama yaitu besar arus, frekwensi,dan tegangan.

Ketika service atau perbaikan tv, maka akan banyak dijumpai berbagai macam bentuk dioda seperti yang terlihat pada gambar berikut :

macam-macam dioda pada tv
Macam-macam bentuk dioda (gmbr3)

Namun pada model tv keluaran sekarang kebanyakan model dioda yang dijumpai dalam pesawat tv adalah pada gmbr2 diatas.

1 komentar:

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service