TV LG RD-21FB70V Mati Standby - Panduan Servis Tv

TV LG RD-21FB70V Mati Standby




Kali ini kedatangan teman seprofesi yang membawa tv LG tapi cuma chassisnya saja,nomernya SC-023D dengan type RD-21FB70V dengan keluhan kerusakan mati standby saja.Chassis tv ini menggunakan aisy single type LG8046-32A atau 8823CPNG5JK3,aisy vertikal LA78040,dan STR F6654.


                 Langsung saja saya obrak-abrik di meja kerja,pertama saya pasang dulu yokenya,kebetulan ada stock yoke untuk tv model slim,langsung tancepkan kabelnya ke soket,m@k cleep!!!


Kemudian jauhkan tudung anoda dari mainboard,dan juga board RGBnya,kemudian tv saya coba ON kan,LED indikator menyala merah,kemudian saya pencet tombol CHANEL + nya di panel,tapi tak ada reaksi apapun,LED pun nggak berkedip sama sekali,kukur-kukur disik aaaaahhhh.... hehehehe.......


                 Kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di pin POWERnya yaitu pin 64 dan terukur tegangan sebesar 2.5V,saya pencet tombol CHANEL + tetapi tegangan di titik tersebut tidak mau HIGH maupun LOW,di pin KEY pun tidak menunjukan reaksi apa-apa.


                 Lalu pemeriksaan beralih ke pin RESETnya di sini terukur tegangan senilai 4.5V and it's OK,beralih lagi pemeriksaan ke XTALnya,dan di dapati di kedua pinnya tegangan masing-masing senilai 2.5V dan 1.8V,and it's OK,beralih lagi ke pin SDA dan SCLnya,pada pin SDAnya terukur tegangan senilai 3.2V dan di pin SCLnya terukur tegangan senilai 0.9V,Naaaaaaahhhh........di sini rupanya ada kejanggalan,seharusnya kan tegangan di pin SDA dan SCL setidak-tidaknya tegangannya sama hehehehe......


                 Perburuan pun di mulai,yaitu mengejar maling tegangan di sepanjang jalur SCL,dan akhirnya pun si maling tegangannya adalah D23 dalam kondisi setengah short circuit hehehehe.....D23 pun akhirnya saya ganti dengan IN4148,setelah pergantian tersebut tv pun saya coba nyalakan dan m@k CRAAAAAK.......tv pun sudah bisa ON start lagi.


                 Alhamdulillah ya Alloh! akhirnya bisa terselesaikan juga masalahnya.


SUKSES buat sampean-sampean SEMUANYA!
Posted by: Jumadi Panduan Servis TV, Updated at: 23.51

0 comments:

Poskan Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Iklan Yang Terkait

Panduan Service Terbaru

Bila Anda Kesulitan Menemukan Yang Dicari Silakan Ketikkan DISINI :

 
Design by Free WordPress Themes | Redesigned by Jumadi