Langsung ke konten utama

Tentang Saya


Perkenalkan nama saya Jumadi,Nama yang cukup singkat aja,hehe Lahir sekitar 35 Tahun yang lalu di sebuah kota, yaitu Purwokerto,Banyumas, Jawa Tengah, Saya berkecimpung dalam dunia service elektronik dan komputer serta mesin cuci mulai dari tahun 1998 yang lalu, untuk berbagi pengalaman dengan rekan rekan semua, maka saya mengumpulkan pengalaman pengalaman itu dalam tulisan blog ini, dan dalam blog ini saya juga berusaha mengumpulkan  pengalaman dari orang lain dan menyatukan dengan pengalaman saya agar menjadi lebih lengkap.

Sampai saat ini saya masih mengembangkan pengalaman di bidang komputer dan elektronika serta internet demi semakin lengkapnya tulisan ini.

Komentar

  1. mav mas saya mau tanya kalo tv sharp wonder stanby apanya ya yang harus di cek, pertama di on lampu merah trus hijau kira2 brapa detik kembali merah lagi, sedikit info saya buta soal servis dan baru mau belajar servis tv mas...?!
    saya berharap mas jum bisa jadi guru saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasi mas.
    dilla

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mungkin terlambat membalas, Untuk kasus seperti itu coba solder ulang dahulu pada bagian ic vertikal dan regulator output, jika belum ada perubahan lanjutkan den gan pengukuran tegangan2 pada output flyback dan regulator, karena tv sharp dilengkapi dengan protek, maka jika salah satu tegangan tidak normal maka ia akan mematikan mesin secara otomatis

      Hapus
  2. bisa di cek condensator di dekat flyback

    BalasHapus
  3. ASSALAMU'ALAIKUM,
    SALAM KENAL MAS JUMADI..
    SENANG RASANYA BSA MENEMUKAN BLOG ANDA INI,

    PERKENALKAN NAMA SAYA M.FAHRUDIN. ADMIN DARI WEB: www.servis-ac.com dan www.putrateknikac.com

    alamat jl ringroad utara no 67 jombor kidul yogyakarta.
    mksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat balas, wa alaikumsalam, salam kenal juga, semoga semakin banyak kawan semakin banyak kemudahan dan rezeki

      Hapus
  4. Salm kenal mas jumadi .perkenalkan nama saya musi'an dan web saya http://ndoryservis.blogspot.com

    yang bertempat tinggal di pangkalanbun kal-teng
    yang kebetulan saya juga berprofesi sebagai tukang soder

    namun di tempat saya susah tuk cari spare part terutama IC jungle dan jenis SMD sehingga pekerjan sering tertunda gara gara harus memburu spare part nya.dalam hal ini mungkin mas bisa membantu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, untuk masalah spare part SMD dan dan lainnya, silakan tulis apa yang dibutuhkan, kemudian sms ke saya, sy ntar kirim ke tempat anda. 085 729 008 574

      Hapus
  5. Selamat malam mas.
    Saya punya TV LED Toshiba 19HV10E. Ketika baru beberapa hari dipakai TV sudah blur, perbedaan terang gelap sangat menyolok. Setelah dipakai 17 bulan (saat ini), 1/4 layar TV sebelah kanan muncul garis2 bahkan kadang2 blank hitam atau putih. Kalau boleh tanya, berapa biaya servis untuk TV dg kondisi kerusakan seperti itu mas?
    Terimakasih sebelumnya atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Tv dengan kondisi seperti itu kerusakan ada di panel lcdnya (layar), kalau diperbaiki mungkin membutuhkan biaya kurang lebih sekitar 70-80 persen dari harga beli baru..

      Hapus
  6. Excellent post and wonderful blog, I really like this type of interesting articles keep it u.
    CybertronPc Laptops

    BalasHapus
  7. ass wr wb mas jum...
    perkenalkan nama saya ahmad...numpang tanya tv kami plasma lg 42 inci suara ada gambar tidak ada
    mohon bantuannya mas jum
    makasi sebelumnya...

    BalasHapus
  8. salam kenal mas jum saya mau tanya tv lcd samsung cuma sampai di logo lalu restart lagi kenapa ya ? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. ASS.. salam kenal mas
    mau tanya nih, TV 29inch lampu indikator berkedip kedip,setelah di cek tegangan di B+ rendah,dan teg elco di regulator kurang sekitar 200v,IC regulator STR nya sudah di ganti yang baru sama juga dengan tr horisontalnya, STR W6556A,Tr hor C6090,IC vert STV9326,FBT 26-N2138,IC TDA 12011PO,mohon petunjuknya,trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Postingan populer dari blog ini

Cara menentukan bekerja atau tidak Trafo SMPS (swithing)

Mungkin hampir semua teknisi elektronik yang berprofesi sebagai jasa perbaikan barang elektronik atau sekedar hobi sudah sering melihat sebuah trafo kecil yang terdiri dari kumparan primer dan sekunder. Trafo ini biasanya terletak di bagian power supply atau regulator. Trafo SMPS atau lebih sering disebut trafo switching adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC tinggi menjadi lebih rendah sesuai dengan kebutuhan suatu modul elektronik.
Banyak peralatan elektronik yang membutuhkan tegangan rendah menggunakan komponen ini,  bahkan hampir semua sudah menggunakan alat komponen utama ini sebagai penurun tergangan (step down). Peralatan yang menggunakan komponen  utama trafo switching antara lain Tv, DVD,Monitor,LCD dan lain lain. Dalam peralatan tersebut dibutuhkan sebuah tegangan rendah untuk dapat menjadikkan alat bekerja.
Akan tetapi sering kali teknisi atau jasa perbaikan alat alat tersebut sering dihadapkan pada masalah macetnya tegangan yang berasal dari kompone…

7 Cara memilih timah solder (tenol) yang baik

Timah solder atau lebih sering dikenal dengan nama tinol adalah sebuah bahan atau perlengkapan alias makanan sehari-hari dalam servis elektronika terutama servis tv. Menggunakan timah solder hendaknya dipilih yang memiliki kualitas baik, hal ini agar dihasilkan kualitas solderan yang bagus juga. Cara memilih timah yang baik adalah dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut : 1. Tinol yang baik biasanya memiliki harga yang lebih sedikit mahal bila dibandingkan dengan jenis tinol yang biasa, hal ini dikarenakan jenis timah ini menggunakan bahan campuran borax atau semacam pasta yang berguna untuk mempermudah agar timah dapat menempel baik pada papan circuit dan kaki komponen.
2. Bila dilelehkan dengan solder biasanya akan mudah meleleh karena memang pengaruh dari bahan yang digunakan.
3. Bila sedang menyolder, biasanya asapnya tidak pedih dimata dan juga tidak bau, atau malah terkadang juga ada yang bau wangi itu juga lumayan bagus.
4.  Timah jenis ini biasanya lentur alias tidak kaku.
5. …

cara cepat melacak kerusakan komponen elektronika

Cara cepat melacak kerusakan komponen elektronika adalah dengan bantuan sebuah alat, hal ini  terutama bagi yang bergelut dalam dunia service barang elektronik seperti TV,DVD,LCD,Recevier,Komputer, Laptop dan  barang elektronik lainnya.
Banyak diantara mereka (Jasa service) jika akan mengganti komponen komponen yang sering mengalami kerusakan yang susah untuk dilacak menggunakan alat multimeter yang biasa dipakai sehari hari, komponen komponen tersebut antara lain Elco/capasitor,Trafo SMPS/switching(ac matic),Flyback kapasitor/elco,defleksi yoke, baterai rechargeable, dan trafo daya.
Biasanya jika terdeteksi komponen komponen diatas mengalami kerusakan, maka biasanya kita menggunakan ilmu filling atau jika tidak biasanya akan menggunakan lata multimeter untuk melakukan test komponen tersebut ,dan biasanya itu kurang akurat hasilnya, karena sebe narnya multimeter hanya sebatas untuk melacak resistansi dan arus serta tegangan.
Sehingga sering terjadi kasus setelah komponen yang diduga meng…