Cara mengisi freon kulkas -service kulkas - Panduan Servis Tv

Cara mengisi freon kulkas -service kulkas

Ada banyak kasus pada kulkas, seperti kulkas mati total,kulkas kurang dingin ,kulkas tidak dingin dan sebainya. kali ini kita akan membahas bagimana Cara mengisi freon kulkas, dimana hal ini sangat penting untuk dimengerti oleh setiap seorang teknisi kulkas atau siapa saja yang ingin memperbaiki kulkas.

Berikut langkah langkah dan praktek cara mengisi freon pada kulkas :

1. Siapkan freon kulkas R-134a atau MC 134 (produk MUSIcool)
2. Manifold gauge
3. Mesin Vakum
4. Methyl (cairan pembersih kulkas)
5. Mesin Las/ hicook tabung 6. Tang Amper  Perlekapan untuk mengisi freon kulkas sudah siap tinggal prakteknya...

1. Pasang selang manifold warna kuning pada mesin vakum dan selang manifold warna biru pada pentil kompresor kulkas. " kompresor yang akan di isi freon harus di vakum dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses pendingin nya karena bila tidak di vakum terlebih dahulu kulkas tidak bisa dingin dan  kompresor akan cepat panas, lakukan pemakuman kompresor kulkas sama halnya dengan cara memvakum kompresor AC

2. Setelah prose pemvakuman pada kompresor selesai 30 menit dan penunjuk pada meter menunjuk di bawah 0 psi / -30psi kompresor sudah siap di isi freon kulkas, pasang selang manifold warna biru pada pentil kompresor *pipa pengisiian freon* dan selang warna kuning pada tabung freon kulkas.

3. Harap di perhatikan pada saat mengisi freon kulkas jangan terlalu membuka full kran manifold bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit *buka tutup kran*jangan melebihi batas 10 psi

4. Pada saat pengisiian berjalan sambil di check pada body kulkas rasakan kehangatannya pada sisi kulkas, bila sisi kulkas terlalu panas jangan di teruskan pengisiannya "STOP ", periksa kembali jalur pipa kapiler dan strainer. Bila sisi kulkas teransa hangat hangat kuku LANJUTKAN isi freonya, kulkas hangat pada sisi luar menandakan sirkulasi freon pada kulkas normal.

5. Pasang tang amper meter pada kabel kompresor untuk melihat ampere nya sesuaikan amper meter seperti yang tertera di balik kulkas (name plat)ampere kulkas biasanya 0,5 hingga 0,9 ampere tergantung besar kecilnya kulkas. bila ampere kompresor sudah melewati batas standart berarti kompresor sudah lemah.

6. Bila freon kulkas sudah mencapai tekanan 10psi *dengan alat ukur freon* tutup kran pada tabung freon kulkas dan kran manifold gauge. Untuk memastikan apakah pengisisan freon ini berhasil matikan kulkas dulu dan perhatikan jarum pada manifold gauge.

7. Jarum manifold gauge pada saat kulkas di matikan angka menunjuk pada angka 50 psi hingga 100 psi., berarti sirkulasi freon berjalan dengan baik namun bila jarum pada manifold tidak berubah (tetap pada angka 10 psi) berarti sirkulasi freon tidak normal, buang freon nya dan lakukan kembali dari awal.

8. Setelah kulkas di matikan dan tekanan freon di lihat normal pada manifold gauge nyalakan kembali kulkas tapi ingat setelah 5 s/d 10 menit baru kulkas tersebut boleh di hidupkan. *aturan baku dari pabrikan kompresor kulkas*  Sebelum kulkas di isi freon lakukan flushing terlebih dahulu setelah itu di vakum dan baru di lanjut isi freonya, Saat pengisian freon kulkas di butuhkan kesabaran dan rilex sambil nyeruput kopi dan menikmati hidangan yang di sajikan pemilik kulkas. Bila ada kesulitan dalam melakukan pengisian freon kulkas kami siap membantu anda.. "siap melayani 24 jam, Damai itu indah" kata Pak Pulisi *damai yang bagaimana nihh...??*


Posted by: Jumadi Panduan Servis TV, Updated at: 21.58

2 comments:

iwan mengatakan...

kang... mau tanya maksudnya 10psi itu bagaimana bisa di gambarkan...??

jumadi mengatakan...

10 Psi itu satuan standar tekanan, bisa dibaca pada alat cauge meter

Poskan Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Iklan Yang Terkait

Panduan Service Terbaru

Bila Anda Kesulitan Menemukan Yang Dicari Silakan Ketikkan DISINI :

 
Design by Free WordPress Themes | Redesigned by Jumadi