Service (notebook)Laptop Toshiba Satellite A200 error

Service Laptop Toshiba Satellite A200 error
Beberapa waktu yang lalu menerima service (notebook)Laptop Toshiba Satellite A200 error, kasusnya adalah pada saat laptop di-charge. Saat konektor charger di masukan,kemudian laptop tiba-tiba restart sendiri, hang dan terkadang juga gambar di layar menjadi artifak-artifak yang  tidak jelas.
Setelah dianalisa, dugaan mengarah pada power supply bermasalah atau masalah pada sistem pelepasan panas prosesor mengalami gangguan, namun setelah saya bongkar casing dan di cek pada kedua bagian tersebut terlihat semua komponen masih baik-baik saja.
Letak Kapasitor NEC/TOKIN OE128

Karena ternyata kerusakaan tidak terletak pada analisa pertama, kemudian dilanjutkan dengan membongkar (notebook) laptop secara total,Setelah dibongkar total, tetap saja tidak menemui komponen yang bermasalah.

Karena belum juga menemukan sumber yang menyebabkan notebook(laptop) error,Akhirnya mencoba mencari informasi dari berbagai sumber lewat googling, dan ternyata setelah menemukan beberapa artikel, memang masalah  (notebook)Laptop Toshiba Satellite A200 error dengan tiba-tiba restart sendiri, hang dan terkadang juga gambar di layar menjadi artifak-artifak yang  tidak jelas, itu sudah menjadi masalah yang umum dialami pada laptop Toshiba Satellite A200. 
Setelah menemukan berbagai pengalaman dari orang lain di halaman web yang sangat banyak, akhirnya ketemu juga akar permasalahannya.Ternyata (netbook) Laptop Satellite A200 menjadi hang, restart maupun muncul artifak dikarenakan ada salah satu komponen yang terdapat pada motherboard yang sudah aus. Komponen tersebut adalah kapasitor NEC/TOKIN OE128 yang terletak di sisi bawah prosesor. Kapasitor ini nampak jelas sekali letaknya apabila kita telah membuka bagian keyboard.
Dari luar memang penampakan kapasitor ini seperti sebuah IC, namun sejatinya ini adalah sebuah kapasitor. Setelah menimba ilmu dari mbah Google yang tidak pelit ilmu, akhirnya saya melakukan bedah internal terhadap laptop itu. Ternyata membongkarnya cukup sulit, dikarenakan kapasitor ini memiliki kaki-kaki yang tidak lazim selayaknya kapasitor SMD. Kembali saya bertanya pada mbah Google tentang cara pembongkarannya yang benar, dikatakan bahwa jalan satu-satunya adalah dengan menggunakan blower yang biasa digunakan oleh teknisi handphone. Lho? Cara lain tidak ada batin saya, kembali beliau memberikan alternatif. Untuk melepasnya cukup pecahkan dengan tang kecil saja, toh kapasitor itu tidak akan digunakan lagi. Dan akhirnya saya memilih alternatif terakhir yang sudah jelas pasti lebih murah.
Kapasitor Pengganti, @ 330uF/2,5V

Kapasitor NEC/TOKIN OE128 ini berukuran 900uF/2,5V, dari beberapa halaman web, kapasitor ini diganti dengan 4 buah kapasitor SMD @ 330uF/2,5V. Setelah berusaha kontak sana dan kontak sini, saya menemukan penjualnya di Malang, mungkin di kota lain ada namun yang paling cepat responnya hanya yang di kota Malang tersebut.
Pemasangan kapasitor pengganti seperti yang bisa dilihat di blog ini, mohon dicermati polaritas kapasitornya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah segalanya terpasang, saya coba burn in test, hasilnya laptop sehat kembali walau berkali-kali konektor DC keluar masuk.

Secara kasat mata memang kapasitor NEC/TOKIN ini terlihat baik-baik saja, namun ternyata kapasitor ini telah aus dikarenakan letaknya yang berada di bawah prosesor yang notabene panas. Kelemahan kapasitor ini adalah kekurang tahanannya terhadap panas, jadi jika laptop sengaja dibiarkan menyala lama, maka lama kelamaan kapasitor inilah yang pertama K.O. dan membuat laptop menjadi trouble.


Diambil dari pengalaman : http://mustdhimust.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service