Komponen Komponen Mesin cuci Otomatis (digital)

Komponen Mekanis & Electric Mesin Cuci Otomatis

Service tv  jogja

          Sebuah mesin cuci merupakan kebutuhan primer , sekarang hampir setiap rumah mempunyai mesin cuci. Dengan adanya mesin cuci dapat menghemat banyak waktu dan tenaga untuk melakukan pencucian pakaian.

          Komponen dasar dari mesin cuci adalah agitator, tabung pencuci dan pengering, agitator dan motor penggerak. Sebuah mesin cuci otomatis dilengkapi dengan control module yang berfungsi untuk mengatur semua proses kerja dari mesin cuci.

KOMPONEN MEKANIS MESIN CUCI OTOMATIS
1. INNER WASH TUBE
Proses mencuci pakaian dilakukan di Inner Wash Tube (tabung dalam). campuran air, deterjent dan pakaian bercampur dalam tabung ini.


2. AGITATOR
Agitator terbuat dari bahan plastik diposisikan di tengah bawah tabung. Umumnya, agitator mempunyai bentuk bersirip. Struktur bersirip yang membantu dalam fungsinya. Fungsi agitator adalah untuk memindahkan pakaian atas, bawah, bolak-balik sehingga pakaian bercampur dengan baik dengan sabun dan air. Inner Wash Tube juga bergerak bersama dengan agitator. Gerakan ini diulang untuk periode yang ditentukan waktu yang diatur oleh control module. Siklus ini dikenal sebagai siklus mencuci.

3. SPEED REDUCER (GEAR BOX)
Gearbox berfungsi menghubungkan motor dengan agitator. Alat ini mampu mengurangi kecepatan putaran motor (Speed Recucer). Gearbox tersusun dari sejumlah roda gigi (gear) yang saling berhubungan yang mempunyai perbandingan sesuai dengan kecepatan yang diinginkan.


4. OUTER WASH TUBE
Pada proses pembilasan air bilasan dari Inner wash Tube (tabung dalam) mengalir keluar ke Outer Wash Tube (tabung luar). Setelah air bilas mengalir ke tabung luar, tabung dalam diisi lagi dengan air bersih, kemudian Agitator (pengaduk) berputar. Pada proses ini berulang ulang sesuai setting control module. Pada siklus ini disebut siklus bilas. Tujuan dari siklus ini adalah untuk melepaskan partikel deterjent yang terjebak dalam proses pencucian.

5. SPIN TUBE
Dalam proses pengeringan air dikeluarkan sebanyak mungkin dari pakaian basah, pengeringan ini dilakukan oleh Spin Tube (tabung pengering). Motor listrik memutar spin tube dengan kecepatan tinggi, sehingga menimbulkan Gaya sentripetal yang mengakibatkan air keluar dari pakaian, kemudian air mengalir ke drain hose menuju tempat pembuangan.

6. KOPLING
Motor listrik pemutar dapat mencapai kecepatan tinggi dengan cepat. Untuk meredam getaran dan memperlancar efek start-up, motor dikopel dengan kopling. Prinsip kerja kopling ini mirip dengan kopling pada mobil karena memiliki standar yang sama drum-and-pad konstruksi. Pada beberapa model mesin cuci menggunakan metode sederhana yaitu membuat kopel dengan belt.


KOMPONEN KELISTRIKAN MESIN CUCI OTOMATIS
1. FUSE
Fuse berfungsi memutuskan sumber tegangan karena adanya arus bocor dan short circuit sehingga akan mencegah bahaya kebakaran yang menimbulkan kerusakan yang lebih parah dan membahayakan manusia sebagai pemakai.


2. CONTROL CIRCUIT ( MODULE )

          Control Circuit berfungsi merupakan komponen yang mengatur semua proses pada mesin cuci otomatis. Control circuit mengatur kapan motor harus berputar, drain motor, fungsi timer, sesuai dengan seting pengguna dalam panel digital sebuah mesin cuci otomatis. Control circuit mempunyai input Lid Switch, Safety Switch dan Water Level Sensor. Pada model mesin cuci manual (2 tabung) tidak terdapat komponen control circuit, melainkan menggunakan timer manual dan valve manual dalam pengoperasiannya.



3. MOTOR PENGGERAK & CAPASITOR
Motor listrik penggerak berfungsi menggerakkan agitator (pengaduk) dan tabung pada mesin cuci. Pada motor mesin cuci dirangkai dengan sebuah capasitor start, bila capasitor rusak maka motor tidak akan berputar.





4. DRAIN MOTOR

Drain motor berfungsi untuk membuka/menarik valve pembuangan, dan menghubungkan komponen mekanis dari mode pencucian ke mode pengeringan.




5. WATER SUPPLY VALVE
Water Supply Valve berfungsi mengatur supply air yang masuk ke dalam tabung mesin cuci. Valve ini menggunakan sistem elektris yang diatur oleh control circuit.




6. WATER LEVEL SENSOR
Water Level Sensor berfungsi membaca berapa air yang ada dalam mesin cuci. Prinsip kerja sensor ini membaca tekanan air dan merubahnya kedalam tegangan listrik.



7. LID SWITCH
Lid Switch digerakkan oleh cover penutup mesin cuci. Tujuan dari pemasangan Lid Switch adalah untuk safety, bila pada saat pengoperasian mesin cuci cover terbuka maka proses pengeringan dan pencucian tidak dapat berfungsi, hal ini untuk menghindari pakaian terlempar keluar dari mesin cuci bila cover petutup terbuka.



8. SAFETY SWITCH
Safety Switch (Stop Switch) pada pengoperasiannya digerakkan oleh mekanis tabung mesin cuci. Prinsip dari Safety Switch bila tabung mesin cuci pada saat proses pencucian dan pengeringan menimbulkan getaran yang berlebihan maka secara mekanis akan menggerakkan safety switch, kemudian control circuit akan menghentikan semua operasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan mekanis pada mesin cuci.


PENGUKURAN TEGANGAN PADA KOMPONEN MESIN CUCI OTOMATIS

          Komponen-komponen diatas harus ada pada semua jenis mesin cuci otomatis, baik untuk model top-loading atau front-loading. Pada semua model mesin cuci pada dasarnya mempunyai komponen seperti yang dijelaskan diatas namun berbeda pada posisi penempatan komponen komponennya.


source

32 komentar:

  1. klo pengeringnya ndak jalan itu,biasa kerusakan ada pada komponen yg mana gan,mohon pencerahannya........................

    BalasHapus
  2. Kerusakan seperti itu memiliki beberapa kemungkinan, coba cek dahulu timernya

    BalasHapus
  3. Salam gan, aku punya mesin cuci top loading lagi bermasalah,lagi sementara washing anak aku tiba2 membuka tutup,mesin bunyi tiit di panel tertulis LE,lalu ditutup lagi mesin kembali proses, tidak lama kemudian mesin error sendiri dipanel muncul LE, sama juga dengan pengeringnya gan, Kira2 yg masalah apanya ya gan , mohon bantuannya

    BalasHapus
  4. saya punya modul sharp satu tabung... nyala bentar kemudian protect alarm kira2 permasalahannya dimana ya?

    BalasHapus
  5. terima kasih artikel yg sudah di pose kan telah menambah pengetahuan ,..

    BalasHapus
  6. Dimana jual modul politron paw 7009,so di SC ga ad
    Tanks

    BalasHapus
  7. Pak saya punya mesin cuci Sharp ES-AG865 mau diloakin aja karena sudah pecah valve-nya.
    yang butuh komponen buat sparepart seperti
    Modul Circuit Control, Dinamo Motor, MOTOR PENGGERAK & CAPASITOR dll sms aja 089601322352.

    Mau diborong beli segelondong juga boleh :D

    BalasHapus
  8. lam kenal gan, mau tanya kabel yag keluar dar dinamo motor mesi cuci tu fugsiny apa aja, mesin cucnya merk elextrolux ew880f,trim infonya

    BalasHapus
  9. saya mau tanya mesin cuci samsung tidak bisa mengeluarkan air secera otomatis,coba saya cek dinamo kecil normal,saya cek arus listriknya gak ada,kira2 apanya yang bermasalah pak

    BalasHapus
  10. boss saya ada mesin cuci samsung rusak triacnya, apa boss punya persamaannya juga boleh

    BalasHapus
  11. saya butuh elektrik modul mesin cuci di mana carinya ya?

    BalasHapus
  12. Saya mau tanya. Tombol power mesin cuci samsung 1tabung 7kg top loading gak fungsi, tapi tombol power, pengatur, dll gungsi semua. Knp ya pak? Mohon bantuannya. Thx

    BalasHapus
  13. Mesin cuciku Samsung WA85GP dah terpakai 4th, bbrp hari lalu tidak bisa berputar kekiri utk mencuci dan membilas. Pengering normal. Setelah dibuka modulnya, ya ampun disitu rongganya digunakan sarang kecoak ya tentu saja konslet spt printerku dulu. Akhirnya mengganti modul DC92 00507A. Kmdn ditutuplah lubang tempat masuknya kabel ke modul dg almunium foil, agar kecoak tidak masuk lagi. Mesin kembali normal. Smg menambah wawasan anda.

    BalasHapus
  14. Mau bertanya nih om.mesin cuci saya sanyo asw-86sb.di control panel tertulis kayak huruf ee.smua tidak berfungi.mohon solusinya

    BalasHapus
  15. Mau bertanya nih om.mesin cuci saya sanyo asw-86sb.di control panel tertulis kayak huruf ee.smua tidak berfungi.mohon solusinya

    BalasHapus
  16. Pak saya punya mesin cuci Sharp ES-AG865 mau diloakin aja karena sudah pecah valve-nya.
    yang butuh komponen buat sparepart seperti
    Modul Circuit Control, Dinamo Motor, MOTOR PENGGERAK & CAPASITOR dll sms aja 089601322352.

    Mau diborong beli segelondong juga boleh :D

    BalasHapus
  17. misi gan,mau nawarin pcb mesin cuci murah rp 125ribu,garansi sebulan,bisa digunakan tanpa sensor water level(pake delay),& mudah direpair(ic tersedia).modul bisa dilihat di https://www.tokopedia.com/sempajang/pcb-mesin-cuci-multi-dgn-3-mode-bisa-tanpa-sensor-level

    BalasHapus
  18. Kalo mau order kopling atau perbaiki karna bering macet harus kemana Mas Bro?

    BalasHapus
  19. Mesin cuci berputar mencuci Setelah itu air di mesin cuci tidak mengalir ke luar, sudah saya cek tidak tersumbat lancar semua saya cek , indikator lampu menunjukan e

    BalasHapus
  20. kata temen saya itu katanya automatis nya, yang mana om

    BalasHapus
  21. Jangan nanya mulu,gak bakal dijawab...hehwheheb...mending lempar aja tuk mesin beli yang manual aja lebih murah dan mudah perbaikannya

    BalasHapus
  22. Permisi gan mau Numpang tanya gan saga punya mesin cuci meek Samsung model WA90F4 begini gan ceritanya awalnya air yang Dari kran gak ngalir lalu saya Cek problem di switch airnya lalu saya ganti Dan bahkan sensor saya ganti juga ternyata air ngalir Dan gak selang berapa waktu air gak mau ngalir Dan saya Cek di cable ada arus Dan saya Cek di PCB di body diodanya ada arus Dan kira2 penyebabnya APA ya gan Dan cara menanganinya gma ya gan tenk

    BalasHapus
  23. numpang promo gan saya juga ada artikel tentang mesin cuci coba kunjungi di
    Service Mesin Cuci Surabaya

    Service Mesin Cuci Sidoarjo

    BalasHapus
  24. saya punya mesin cuci top loading.muncul eror PE
    code ini ada hubungan dengan water level sensor
    dan saya cek disochet ada 3 kabel.bagaimana cara test untuk mengetahui alat masih bagus atau rusak?atas bantuannya terima kasih.

    BalasHapus
  25. Salam gan.
    Aku punya mesin cuci SHARP ES-F800P. Kerusakannya saat mesin mengisi air, pada saat yang bersamaan juga keluar air dari pipa pembuangan sehingga air dalam tabung cuci tidak penuh. Kira kira penyebabnya apa ya gan? Mohon pencerahan.

    BalasHapus
  26. saya juga ada nih info mengenai mesin cuci silahkan cek di service ac sidoarjo

    BalasHapus
  27. Saya baru membongkar drain motor tractor untuk pembuangan air pada mesin cuci panasonic 1 tabung otomatic, karena berbunyi tek tek tek. Waktu saya bongkar geriginya lepas dan tuas pengait juga terlepas. Bagaimana letak susunan gigi-gigi drain motor tersebut? Saya butuh penampang/gambar susunanya, bisa ada yang bantu? Terimakasih.

    BalasHapus
  28. Saya sudah cari di google tidak menemukan. Mungkin ada yang punya video atau skemanya. Mohon bantuannya Terimakasih

    BalasHapus
  29. saya butuh elektrik modul mesin cuci di mana carinya ya untuk mesi cucu SANSUNG 1 tabung 9,5kg

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service