Oscilator Kit sebagai solusi mengatasi kerusakan Power Supply SMPS

Oscilator kit power supply
Rangkaian Oscilator Kit
Pernahkah kita mengalami kesulitan pada saat memperbaiki pesawat televisi? terutama jika kerusakan mati total, dan setelah dilakukan pengecekan ternyata tegangan output dari power supply tidak keluar karena ada permasalahan di rangkaian driver dan oscilatornya.


Selama saya menangani berbagai macam kasus kerusakan merk dan model tv dalam beberapa tahun ini sejak saya terjun ke dalam dunia servis tv, saya sering menemui pasien tv dengan kerusakan seperti diatas.

Bila kerusakan terletak pada rusaknya transistor power, kemungkinan setelah diganti maka power supply akan bekerja normal kembali dan tv pun bisa menyala dengan normal, namun apabila tidak ada kerusakan pada bagian lain.

Akan tetapi apabila kerusakan sudah merambat dari transistor power yang jebol, terus kemudian transistor driver juga rusak dan bahkan komponen-komponen kecil lainnya seperti dioda,resistor atau kapasitor juga rusak. Maka biasanya hal ini akan sulit untuk bisa mengeluarkan tegangan output dengan normal kembali.

Karena biasanya kerusakan tersebut terjadi pada komponen-komponen kecil tadi atau bahkan pada jalurnya , namun rusaknya tidak total alias lemah saja, sehingga pada saat dilakukan pengecekan komponen satu persatu seolah-olah akan kelihatan baik-baik saja padahal sebetulnya komponen-komponen tersebut sudah ada yang lemah dan harus diganti.

Biasanya kasus demikian akan menyita banyak waktu, dan biasanya setelah kita melakukan pengecekan komponen dan mengganti komponen yang rusak, akantetapi tegangan output tetap saja tidak keluar, padahal sudah yakin kalau di rangkaian output power supply tidak ada permasalahan. Dan karena sudah yakin bahwa semua komponen baik-baik saja, maka biasanya kita akan mengira bahwa trafo acmatic(SMPS) nya bermasalah alias rusak.

Bila saya mengalami hal tersebut, maka saya tidak langsung memvonis kerusakan pada trafo acmaticnya, karena ada sebuah cara untuk mengecek apakah sebuah trafo acmatic, apakah masih bagus atau sudah rusak atau bahkan lemah.

untuk mengecek trafo tersebut sebenarnya ada beberapa cara diantaranya adalah dengan menggunakan alat ESR meter, namun saya terkadang masih kurang puas bila pengecekan dengan alat ESR meter.

Ada sebuah alat yang saya gunakan untuk mengecek trafo acmatic, yaitu Rangkaian Oscilator kit, adalah sebuah kit rangkaian yang terdiri dari oscilator atau pembangkit pulsa dan transistor power.

Cara mengeceknya yaitu:
- menghubungkan kabel warna merah pada oscilator kit ke jalur kolektor transistor, dan transistor aslinya harus dilepas terlebih dahulu. 

- Menghubungkan kabel warna hitam ke tegangan minus atau negatif, atau bisa ke bagian jalur emitor transistor power.

- Kemudian lepas ic coupler bila rangkaian power supply memang menggunakan ic coupler.

Setelah itu tes dengan mencolokan kabel ac ke tegangan 220V, namun trimpot pengatur tegangan adjustment pada kit oscilator harus diminimkan terlebih dahulu kearah kiri, kemudian tegangan pada output power supply diukur dengan menggunakan multimeter, jika tegangan bisa terukur dengan normal atau mendekati normal, maka dipastikan trafo acmatic masih bagus.

Bila ternyata sudah yakin trafo ac matic sudah normal, maka bisa dilakukan pencarian komponen yang bermasalah pada bagian oscilator power supply. dan Kalau sudah ketemu maka kembalikan dan pasang kembali ic copuler dan transistor power aslinya.

Namun bila pencarian komponen ternyata susah ditemukan , maka rangkaian kit oscilator bisa menjadi solusi terakhir sebagai pengganti rangkaian oscilator aslinya. Akan tetapi ada beberapa model tv yang memang harus menggunakan oscilator aslinya karena terkait dengan sistem pengaturan otomatis yang dikontrol oleh ic program, sehingga mau tidak mau haru dicari kerusakannya.


2 komentar:

  1. Quite interesting and nice topic chosen for the post. I would collect more information about this topic.
    Hp Laptops

    BalasHapus
  2. Maaf bos,punya skema power supply tv sanyo model c25ag54umenggunakan tr C4429 g ya?! Klu punya minta ya....trmksh

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service