Service Monitor LG 17 inch

Baru baru ini saya dimintai tolong oleh teman dari teman saya, sebuah lcd monitor LG 17 inch dengan kasus mati total. setelah saya coba dan amati ternyata lampu standby tidak menyala sama sekali, dalam perkiraan saya kemungkinan regulator power suplly belum bekerja normal atau tidak kerja sama sekali. setelah diamati maka langsung saja saya bongkar casing dan semua yang menempel pada mesin lcd , sehingga hanya bagian power supply yang saya ambil untuk di periksa apakah ada tegangan tegangan pada keluaran trafo SMPS, ternyata setelah dicek tidak ada tegangan yang keluar sama sekali, kemudian pemeriksaan dilanjutkan dengan melihat komponen secara fisik, dan ternyata ditemukan sebuah sekring(fuse) agak gosong dan kemudian  ukur sekring tersebut dengan ohm meter dan ternyata putus, berarti ada rangkaian yang bermasalah sehingga menyebabkan sekring putus karen kelebihan beban. kemudian saya lanjutkan dengan melacak satu persatu komponen yang ada pada bagian rangkain SMPS, ternyata ada sebuah dioda bridge yang sedikit agak korslet(short), kemudian saya ganti dengan yang baru dan saya coba nyalakan kembali regualator tersebut dan jrengg....tegangan- tegangan dari output trafo SMPS keluar normal yaitu 5V DC dan 12V DC, kemudian saya lanjutkan dengan merangkai lagi senua komponen pada LCD. dan setelh semua terpasang saya coba dan wah LCD LG 17  inch nyala normal. selesai sudah service LCD monitor LG 17 inch..

2 komentar:

  1. dilihat dari penjelasannya sepertinya susah sekali servis lcd-nya ya sob.

    Btw "sekring putus karena kelebihan beban" maksudnya gimana sob? setahu saya lcd monitor memiliki sistem regulator yg sangat stabil karena menggunakan ACmatic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya adalah dioda pada tegangan utama mengalami sedikit short sehingga meyebabkan arus yang mengalir lewat sekring terlalu besar, akibatnya sekring langsung putus

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service