Lcd Acer 19 inch mati total

lcd acer mati total
Beberapa waktu yang lalu saya mendapat panggilan untuk menangani LCD Lcd Acer 19 inch mati total, seperti biasa seperti biasanya saya langsung melihat kondisi pesawatnya sebelum saya bongkar, tujuannya adalah untuk menganalisa secara kasar bagian apa kira kira yang mengalami masalah.

Setelah mengamati beberapa menit ternyata kondisinya adalah LCD monitor mati layar namun lampu standby masih menyala, secara gambaran kasar hal ini berarti bagian blok MPEG yang belum bekerja sehingga hanya lampu standby saja yang menyala.
Tanpa berpikir panjang lagi langsung LCD dibuka casing bagian belakang, Ternyata untuk membuka casing LCD acer ini agak sedikit kesulitan karena tidak menggunakan skrup sekrup seperti&nbrp; pada pesawat lcd umumnya, sehingga harus sangat hati hati agar tidak menyebabkan casing pecah atau lecet, setelah dengan sangat hati hati casing dibuka, langsung saya lacak pada bagian tegangan tegangan output dari bagian regulator switching, dalam  bagian regulator ini memiliki beberapa tegangan untuk men supply MPEG LCD.
Tegangan tegangan tersebut jika normal adalah 12V untuk bagian High voltage Transformator(HVT), Tegangan 5V dan 3,3V untuk bagian rangkaian MPEG prosesor.

Setelah saya lacak ternyata tegangan tegangan tersebut normal semua, kemudian saya melanjutkan dengan solder ulang pada bagian power supply karena bagian ini sangat rentan terhadap panas sehingga terkadang menyebabkan tegangan keluaran tidak stabil, setelah smua titik pada bagian regulator power supply dis oler ulang kemudian saya pasang lagi konektor konektor yang  menuju MPEG dan coba dinyalakan kembali, namun ternyata hasilnya tidak ada perubahan, kesimpulannya analisa saya mengarah ke bagian MPEG yang mengalami masalah sehingga MPEG tidak dapat di onkan. sekadar catatan bahwa untuk MPEG modl saaat ini semua program kontrol seperti On-Off tersimpan dalam sebuah ic memori(eeprom) 8 kaki(biasanya tipe 25F80 dan tipe sejenisnya, Ic ini sangat rentan terhadapa goncangan, jadi setelah saya menduga ic memori yang bermasalah akhirnya saya ganti dengan ic yang sudah isi dan dengan tipe dan nomor seri yang sejenis,
setelah saya pasang dan saya nyalakan kembali akhirnya LCD dapat menyala kembali dengan normal.

akhirnya selsai sudah tugas mengerjakan service Lcd Acer 19 inch mati total. semoga bisa membantu teman teman yang sedang mengalami.

Lihat Juga Panduan Service Komputer Mati total





JUAL ALAT COPY EEPROM TV, DVD, BIOS LAPTOP,KOMPUTER

alat copy eeprom programmer usb


1 komentar:

  1. saya punya monitor acer 19", saya kesulitan cara buka casingnya, mohon pencerahan om a/

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service