Cara menentukan bekerja atau tidak Trafo SMPS (swithing)

Gambar oscilator switching
Mungkin hampir semua teknisi elektronik yang berprofesi sebagai jasa perbaikan barang elektronik atau sekedar hobi sudah sering melihat sebuah trafo kecil yang terdiri dari kumparan primer dan sekunder. Trafo ini biasanya terletak di bagian power supply atau regulator. Trafo SMPS atau lebih sering disebut trafo switching adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC tinggi menjadi lebih rendah sesuai dengan kebutuhan suatu modul elektronik.

Banyak peralatan elektronik yang membutuhkan tegangan rendah menggunakan komponen ini,  bahkan hampir semua sudah menggunakan alat komponen utama ini sebagai penurun tergangan (step down). Peralatan yang menggunakan komponen  utama trafo switching antara lain Tv, DVD,Monitor,LCD dan lain lain. Dalam peralatan tersebut dibutuhkan sebuah tegangan rendah untuk dapat menjadikkan alat bekerja.

Akan tetapi sering kali teknisi atau jasa perbaikan alat alat tersebut sering dihadapkan pada masalah macetnya tegangan yang berasal dari komponen trafo switching tersebut. terkadang sudah melakukan pergantian semua komponen yang ada di sekitar trafo switching tersebut namun masalah belum teratasi alias tegangan masih belum keluar.

Sebenarnya sudah ada sebuah alat digunakan untuk melakukan tes komponen trafo switching ini apakah masih bagus atau sudah aus atau short pada lilitan-lilitanya. Namun seringkali menggunakan ala tersebut masih belum bisa menghasilkan hasil  yang akurat, sehingga hal ini sering menyulitkan bagi para teknisi.

Untuk itu saya akan berbagi pengalaman Cara menentukan bekerja atau tidak Trafo SMPS (swithing), Cara ini tanpa melepas komponen tersebut dari sirkuitnya, Dengan menggunakan sebuah rangkaian modul bernama Oscilator power switching, alat ini sudah banyak di jualan di toko-toko elektronik yang menjual spare part tv, Biasanya modul ini sering orang menyebut GACUN, padahal gacun adalah merk dari pembuatnya.

Dengan modul oscilator tersebut maka kita dapat memastikan apakah trafo switching tersebut masih bagus atau sudah rusak.

Cara melakukannya adalah hanya dengan melepas komponen transistor power atau STR, kemudian pasang kabel merah yang ada pada modul ini ke lilitan primer ,trafo switching atau ke bagian pin kolektor dan pasang kabel hitam ke negatif atau ground tegangan primer. kemudian kabel biru dibiarkan tidak masalah. Bila sudah benar dan listrik di colokan dan ternyata pada tegangan skunder trafo switching sudah keluar tegangan yang sesuai dengan tegangan aslinya, berarti trafo switching masih normal, namun bila tidak keluar atau keluarnya kecil berarti trafo switching sudah rusak.



3 komentar:

  1. Excellent post and wonderful blog, I really like this type of interesting articles keep it u.
    Toshiba Laptops

    BalasHapus
  2. KASUS samaung led tv UA24H4003AR kena petir. jika salah satu tegangan output turun pada smps psu,kerusakannya dimana,bebean dilepas tetep ga naik,elco sudah diganti semua?

    BalasHapus
  3. Tv china udh di ganti ada suara di bagian power suply
    Udh ganti flyback,transistor horizontal,dioda di bagian power suply juga udh di ganti tapi tetep masih gak mau nyala.
    Minta kucuran ilmu nya bang

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Panduan Service Terbaru

Cari Arsip Service