Langsung ke konten utama

Tips Membeli mesin Cuci

Musim hujan sudah hampir tiba. Mesin cuci banyak dicari orang, bukan karena saat musim panas tidak perlu mencuci baju, tapi fungsi mesin cuci yang tidak bisa digantikan adalah kemampuannya memeras atau mengeringkan baju lebih baik dibanding pakai tangan.

Kategori mesin cuci dibagi 3 jenis :

  • Semi Automatic ( 2 tabung )

  • Full Automatic Top Loading ( 1 tabung )

  • Full Automatic Front Loading ( buka depan )

Panasonic NAW60BB3
Pada mesin cuci semi automatic tabung sebelah kiri untuk pencucian dan sebelah kanan untuk pemerasan, yang difungsikan secara manual, dengan memutar timer ke posisi waktu yang kita inginkan. Proses pengisian air, detergen, pewangi atau pembuangan air juga dilakukan secara manual. Intinya saat mencuci baju harus ada yang mengoperasikan/menunggu mesin cucinya.







Samsung WA80V3
Mesin cuci Top Loading 1 tabung merupakan penyempurnaan dari mesin cuci 2 tabung. Pencucian dan pemerasan diproses dalam 1 tabung yang sama, sehingga tidak perlu memindahkan pakaian seperti pada mesin cuci 2 tabung.
Kini semua produsen mesin cuci jenis ini sudah menerapkan sistem Fuzzy Logic, yang fungsinya mengatur sendiri jumlah pemakaian air yang disesuaikan dengan banyaknya beban cucian. Cucian sedikit pakai air lebih sedikit, sebaliknya cucian banyak, air lebih banyak.
Penggunaannya sangat user friendly, hanya dengan tekan 2 tombol : "Power on" dan "Start" maka proses pencucian standar dioperasikan, yaitu wash (cuci), rinse (bilas) dan spin (peras)
Dalam hal ini, mesin cuci mengisi air sendiri, mencuci, membilas dan memeras hingga selesai tanpa perlu ditunggu.
Bahkan beberapa model dilengkapi dengan fitur DELAY START, timer untuk menunda mulainya proses pencucian. Contohnya, cucian dimasukan ke mesin cuci jam 9 malam, atur delay start 9 jam, maka besok jam 6 pagi mesin cuci mulai beroperasi, selesai jam 7 pagi, bangun tidur tinggal jemur baju.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membeli mesin cuci top loading :

  • Kapasitas cucian

  • Pertanyaannya berapa kapasitas cucian yang saya butuhkan? Secara kasar 1 set pakaian orang dewasa lengkap dengan pakaian dalam, berat keringnya berkisar 1kg. Cobalah timbang cucian anda serumah sehari dalam keadaan kering. Keluarga dengan 2 orang dewasa dan 2 anak umumnya 5-6 kg.
    Pilih mesin cuci dengan kapasitas yang lebih besar 1 atau 2 kilo dari beban cucian sehari, karena kapasitas yang tercantum pada mesin cuci Asian Brand adalah kapasitas maksimalnya.
    Bagaimana produsen mesin cuci (Asian Brand) menentukan kapasitas mesin cuci mereka?
    Begini... dalam keadaan terisi air dan mesin cuci sedang beroperasi, sehelai demi sehelai sapu tangan dimasukan ke dalam mesin cuci, hingga mesin cuci tidak sanggup lagi memutar air atau sapu tangan didalamnya, yang berarti tidak terjadi lagi proses pencucian, maka berat total sapu tangan yang dimasukan adalah kapasitas mesin cuci tersebut, alias kapasitas maksimalnya.

    Rekomendasi yang lebih bijaksana sbb:
    kapasitas 6kg - motor 250 Watt
    kapasitas 7kg - motor 350 Watt
    kapasitas 8kg - motor 450 Watt
    kapasitas 9kg - motor 550 Watt
    dst.

    Jadi jangan pilih mesin cuci yang Low Watt, misalnya 7kg hanya 250 Watt. Pasti cepat rusak. Dijamin!!

  • Jenis tabung/drum

  • Ada 2 jenis drum : stainless atau fiber. Stainless lebih mudah dibersihkan dari noda sisa sabun atau kotoran. Stainless Drum juga lebih tidak merusak pakaian.
    Masalahnya pada saat Spin (Peras) drum berputar dengan kecepatan tinggi (300-500 rpm). Pakaian terdesak ke pinggiran dan air terdesak keluar melalui lubang-lubang kecil yang berada di seluruh permukaan drum.
    Drum dari fiber mempunyai lubang-lubang yang kasar tepiannya, yang dapat berakibat pakaian tergesek menjadi mudah berbulu-bulu, terutama bahan pakaian yang mengandung wol.
    Sementara lubang pada tabung stainless menghadap keluar tabung, sehingga jika kita raba lubang2 pada drum stainless terasa licin dan cucian tidak akan tergesek atau tersangkut.


  • Fitur lainnya

  • Semakin banyak hal yang ditawarkan saat ini, seperti sistem pencucian dengan turbo drum, penggunaan silver ion (AG+) untuk membunuh kuman penyebab bau, sistem filter penyaringan air yang masuk ke dalam mesin cuci, sistem pembilasan ulang jika masih ada sisa sabun pada pakaian dan lain-lain, yang semuanya adalah baik.
    Tapi ini jadi percuma jika kondisi airnya saja tidak baik, misalnya air PAM nya keruh.

    Secara umum mesin cuci jenis ini yang paling diminati, karena user friendly dan harganya cukup terjangkau.



    Electrolux EWF1082G
    Mesin cuci Front Loading biasanya disebut mesin cuci European type.
    Dibandingkan dengan jenis Top Loading, efek cucinya lebih sempurna.
    Pada mesin cuci Top Loading (apapun teknologinya) secara mendasar proses pencuciannya dapat diartikan sebagai 'Baju yang diaduk-aduk didalam air sabun'.
    Pada mesin cuci front loading, air sabun hanya terisi setinggi kira-kira 1/3 drum, dimana saat drum berputar, cucian didalamnya akan saling menindih dengan yang lain, sehingga lebih me-replika gerakan tangan 'menggucek dengan air sabun'

    Tapi satu hal, nothing is perfect. Mesin cuci tidak menjamin pakaian pasti bersih, sebab mesin cuci tidak punya mata. Bagian kerah, pergelangan tangan, siku atau yang lainnya yang umumnya lebih kotor, harus mendapat treatment khusus, misalnya disikat terlebih dahulu atau disemprotkan dengan cairan khusus pengurai lemak/kotoran.

    Spesifikasi mesin cuci front loading selain kapasitas cuciannya, juga tercantum Spin Speed nya, artinya kecepatan putaran drum saat proses pemerasan.
    Mengacu pada kondisi iklim di Eropa, spesifikasi Spin Speed yang dinyatakan dalam satuan rpm (putaran/menit) sangat penting, sehingga semakin tinggi rpm nya akan semakin kering hasilnya dan untuk itu semakin mahal pula harga produknya.
    Standardnya berkisar 800rpm. Dan tertinggi bisa mencapai 1400rpm.

    Daya listrik mesin cuci jenis ini umumnya lebih kecil dibanding jenis top loading, yang harus memutar cuciannya berikut airnya. Pada jenis front loading, motornya hanya terbeban untuk memutar cuciannya saja.
    Dengan kapasitas 7 - 8 kg, listriknya berkisar antara 250-300w (cold wash).
    Namun umumnya, mesin cuci front loading dilengkapi dengan fitur hot wash, mencuci dengan air panas.
    Dengan 2 buah elemen pemanas air berdaya @ 1000 watt/elemen, total konsumsi listriknya bisa jadi 2250w (Hot Wash).

    Suplai air dari keran untuk mesin cuci Front Loading harus deras, supaya sabun, pewangi/pelembut yang berada di kompartemen/laci sabun, dapat tersiram turun ke dalam drum dibawahnya.
    Detergen yang digunakan adalah khusus mesin cuci yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa.
    Dan saat mati lampu jadi masalah besar, cucian terkunci didalam, dan harus menunggu hingga listrik menyala kembali.

    sumber

Komentar

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentar, Namun Jangan Spam.

Postingan populer dari blog ini

Download Skema Tv Polytron

Berikut Beberapa kumpulan skema tv Polytron crt, silakan download sepuasnya, semoga bermanfaat. Download Skema Tv Polytron Diva   Download Skema Tv Polytron 51N21T HBT-00-02G vertikal LA78040/STV9302 Download Skema Tv Polytron Minimax MX5203 IC HBM 00-11M serta iC Kroma STV2286H Download Skema Tv Polytron Minimax MX5203  Download Skema Tv Polytron HBT Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Download Skema Tv Polytron Polytron DIVA Polytron HBT

Cara menentukan bekerja atau tidak Trafo SMPS (swithing)

Gambar oscilator switching Mungkin hampir semua teknisi elektronik yang berprofesi sebagai jasa perbaikan barang elektronik atau sekedar hobi sudah sering melihat sebuah trafo kecil yang terdiri dari kumparan primer dan sekunder. Trafo ini biasanya terletak di bagian power supply atau regulator. Trafo SMPS atau lebih sering disebut trafo switching adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC tinggi menjadi lebih rendah sesuai dengan kebutuhan suatu modul elektronik. Banyak peralatan elektronik yang membutuhkan tegangan rendah menggunakan komponen ini,  bahkan hampir semua sudah menggunakan alat komponen utama ini sebagai penurun tergangan (step down). Peralatan yang menggunakan komponen  utama trafo switching antara lain Tv, DVD,Monitor,LCD dan lain lain. Dalam peralatan tersebut dibutuhkan sebuah tegangan rendah untuk dapat menjadikkan alat bekerja. Akan tetapi sering kali teknisi atau jasa perbaikan alat alat tersebut sering dihadapkan pada masalah ma

Layar hitam pada sisi kanan atau kiri pada LED dan LCD

Semenjak dipasaran mulai ramai diluncurkannya produk pengganti tv tabung CRT yakni LED dan LCD, saya dalam beberapa tahun ini sering mendapati konsumen yang mengeluhkan jika LED atau LCD mereka yang baru dibeli sekitar 1 tahun atau bahkan kurang disisi kanan atau kiri atau keduanya berwarna hitam alias gambarnya hilang sebelah. Saya sudah berkali kali menangani kasus semacam itu dimana awalnya saya menduga ada kerusakan pada mainboard LED atau LCD. namun setelah ditelusuri dan dilakukan pengecekan secara mendalam, ternyata penyebab gambar menjadi hitam disisi kanan atau kiri ataupun keduanya adalah karena kerusakan sebuah board yang berfungsi untuk mengatur singkronisasi pada layar LED atau LCD, board ini biasanya terpisah dari Layar LCD (Panel), namun akhir-akhir ini banyak produk keluaran baru yang memiliki board tersebut sudah menyatu dengan Panelnya, sehingga hal ini terkadang menyulitkan bagi teknisi untuk melakukan perbaikan. Jadi solusinya adalah harus diganti dengan